Recent Posting :
Grab this

PROSES KEJADIAN ADAM

Dijadikanlah pada tubuh Adam 9 rongga atau liang . 7 buah liang di kepala dan 2 buah liang di bawah badan letaknya .
7 buah letaknya di kepala : 2 liang mata , 2 liang telinga , 2 liang hidung dan 1 liang mulut .
Yang 2 macam dibawah : 1 liang kemaluan dan 1 liang dubur .

Dijadikan pula 5 buah panca indera :
1. Mata alat penglihatan
2. Hidung alat penciuman
3. Telinga alat pendengaran
4. Mulut alat perasa manis , asam dan sebagainya
5. Anggota tubuh lainnya seperti kulit , telapak tangan , untuk perasa ; halus , kasar dan sebagainya .


Ketika ALLAH akan jadikan patung Adam , tanah itu dicampuri air tawar , air asin , air hanyir , angin , api . Kemudian ALLAH resapkan Nurhaknya patung Adam dengan berbagai macam ''Sifat.''

Lalu patung Adam itu digenggam dengan genggaman "Jabarut" , kemudian di dalam "Alam Malakut."
Sesungguhnya tanah yang akan dijadikan ''Patung Adam'' adalah tanah pilihan sebagaimana di terangkan pada postingan sebelum ini .

Maka sebelum dijadikan patung , tanah itu dicampuri dengan istilah rempah-rempah , wangi-wangian dari Nur Sifat ALLAH dan disirami dengan air hujan "Bahrul-Uluhiyah" kemudian patung itu di benamkan dengan air ''Kudratul-'Izzah-Nya'' yaitu sifat ''Jalal dan Jammal'' , lalu diciptakan menjadi patung Adam yang sempurna .


Coba kita perhatikan firman ALLAH dalam surat Ad-Dahr ayat 1 yang bunyi nya sebagai berikut :
"Apakah tidak datang kepada manusia kabar berita suatu zaman yang tidak dapat disebut-sebut menurut perhitungan manusia ?"

Yang maksudnya ALLAH ciptakan alam semesta dan termasuk Adam dalam waktu yang sangat lama , yang tidak dapat di taksir dan dikira-kira menurut perhitungan manusia zaman sekarang .


Menurut keterangan ulama , ketika patung Adam diselubunginya dalam waktu 120 tahun . 40 tahun di tanah yang kering , 40 tahun di tanah yang basah dan 40 tahun di tanah yang hitam dan berbau .
Kemudian ALLAH rubah patung Adam dengan rupa kemuliaan . Maka tertutuplah pemandangan mata malaikat dari pada melihat hakikat sebenarnya . Mereka memandang rendah akan bakal kejadian Adam lantaran menurut penglihatan yang nyata asal kejadian Adam . Tiada lain sebabnya dari kurangnya ma'arifat mereka .

Memang para Malaikat telah mengetahui bahwa Adam ini akan menjadi Khalifah Tuhan di dunia . Sudah tentu mereka merasa heran , mengapa orang yang akan menjadi khalifah Tuhan demikian asal kejadiannya berbeda dengan mereka bangsa malaikat yang mereka tahu bahwa asal kejadian mereka dari cahaya .


Demikian pula ruh , ketika ruh itu diperintah masuk ke dalam patung Adam , ia pun enggan . Segan dan malas untuk masuk ke tubuh Adam yang masih merupakan patung yang kini sudah mengeras seperti batu .
Ruh itu bukannya masuk , malah berputar-putar , mengitari patung Adam yang terhantar di situ yang di kelilingi malaikat yang menyaksikan seperti Jibril , Mikail , Israfil , Izra'il dan malaikat yang lain-lain .

Kemudian ALLAH menyuruh malaikat Izra'il untuk memaksakan ruh itu masuk ke dalam tubuh Adam . Lalu akhirnya ruh itu mau tidak mau ia terpaksa menyerah di tangan Izra'il , ia dimasukkan ke tubuh Adam dan ruh itu masuk perlahan-lahan sampai batas kepalanya saja 200 tahun lamanya .


Demikianlah ALLAH memberi kekuatan kepada Izra'il dapat memasukkan ruh itu ke dalam tubuh kasar Adam . Dahulu Izra'il yang ditugaskan mengambil tanah untuk menjadikan Adam , dan kini dia pula yang ditugas kan untuk memasukkan ruh ke dalam tubuh Adam dan kemudian nanti Izra'il pulalah yang ditugaskan untuk mencabut nyawa Adam .


Setelah ruh itu meresap di dalam kepala Adam , lalu terjadilah otak dan tersusun urat-urat syarafnya dengan sempurna , yaitu seperti telah dikatakan selama 200 tahun .
Kemudian terjadilah matanya . Seketika itu matanya melek terbuka melihat dan melirik ke kiri dan ke kanan . Ia melihat juga ke bawah yang sebagian badannya masih merupakan tanah keras . Dilihatnya kiri dan kanan para malaikat yang sedang menonton kejadian dia .
Ketika itu telinga Adam telah dapat mendengar betapa para malaikat mengucap tasbih memuji kebesaran ALLAH , dengan macam-macam ucapan kalimat tasbih dengan lagu-lagu yang merdu sekali dan mengasyikkan .


Kemudian ketika ruh sampai batas hidungnya lalu ia bersin serta mulutnya terbuka . Ketika itu ALLAH ajarkan mengucap "Alhamdulillah" , itulah ucapan Adam pertama kali di hadhirat ALLAH .

Lalu ALLAH berkata :
"Yarhamukallaah" yang artinya :
"Semoga engkau diberi Rahmat ALLAH"

Oleh karena itu jika orang bersin sunat mengucap "Alhamdulillah" dan orang yang mendengarnya sunat mengucap "Yarhamukallaah".


Kemudian ketika ruh sampai di dadanya , tiba-tiba saja ia mau bangun . Padahal sebagian badannya ke bawah masih menjadi tanah keras .
Disini menunjuki sifat manusia yang suka tergesa-gesa (tidak sabaran) . Sebagaimana firman ALLAH dalam Surat Al-Isra' ayat 11 :
"Dan adalah manusia itu , suka tergesa-gesa"

Lalu ketika ruh itu sampai di perutnya maka terjadilah susunan isi perutnya dengan sempurna . Maka seketika itu terasalah lapar , kemudian terus ruh itu meresap sampai ke seluruh tubuh Adam , tangan kaki lalu terjadi darah daging dan tulang , urat-urat , berkulit dengan sempurna , yang mana kulit itu kian lama kian bagus dan halus . Begitulah proses kejadian-kejadian tubuh Adam .



Menurut riwayat , ketika Adam masih berada di Syurga sangat bagus sekali kulitnya tidak seperti warna kulit kita sekarang ini .
Karena setelah Adam diturunkan ke dunia , terjadilah perubahan warna kulitnya . Yang masih tertinggal warnanya hanya pada kuku manusia , hal ini kita bisa lihat meskipun orang kulitnya hitam tapi warna kuku adalah sama ialah putih kemerah-merahan .


Suatu keterangan bahwa Nabi Adam A.S dijuluki ''Abul-Basyar'' yaitu "Bapak nya Manusia" dan Nabi Muhammad S.A.W dijuluki ''Abul-Ruh'' atau ''Abul-Arwah'' artinya ''Bapaknya segala ruh".

Marilah kita teruskan riwayat Adam !!

Setelah kejadian Adam dengan sempurna , sebagai manusia baru , dialah jenis makhluk manusia yang pertama . Wajahnya bagus simpatik , ganteng , pendek kata semua malaikat merasa kagum melihat Adam yang begitu bagusnya .
Mereka sama sekali tidak menyangka bahwa makhluk yang asalnya dari tanah , kini kelihatan bagus dan indahnya .Baik raut mukanya atau potongan tubuhnya .


Adam berganti rupa dengan memakai pakaian kebesaran dari Syurga , dengan memakai mahkota yang ditatah intan berlian yang menambahkan keagungannya yang layak sebagai seorang raja atau khalifah .
Tampaklah Adam dilihat oleh para malaikat , sangat anggun dan berwibawa . Cocok pribadi nya sebagai seorang raja , Adam duduk di kursi keemasan yang bertatah intan permata , di kelilingi oleh para malaikat .

Kemudian setelah Adam duduk diatas kursi , lalu diusung oleh empat orang malaikat dan diiringi oleh beberapa banyak malaikat pula untuk diarak dan diperkenalkan di langit yang pertama sampai ke langit yang ketujuh sampai ke syurga .


Di sanalah Adam dapat melihat segala barang yang ajaib daripada ciptaan Tuhan . Adam dapat menyaksikan dengan mata kepalanya akan kebesaran kerajaan ALLAH yang meliputi langit dan bumi .
Selain dari itu agar para malaikat dan makhluk lainnya dapat mengetahui akan kadar ketinggian derajatnya Adam di sisi ALLAH , ialah yang akan diangkat kelak menjadi Khalifah Tuhan di muka bumi .


Menurut riwayat , kurang lebih 100 tahun lamanya Adam diarak oleh malaikat . Dan selesai show acting itu lalu Adam dibawa ke Syurga , yaitu tempat Adam mula-mula dijadikan .
Kemudian datanglah Jibril membawa seekor kuda kendaraan dari Syurga . Bagus sekali kuda itu berbulu warna hijau kumbang serta bersayap sangat indah sekali , berkilauan-kilauan serta harum baunya . Kuda itu dapat bicara seperti manusia , dibelakangnya terdapat tempat duduk yang aman .
Jibril memegang kendali , Mikail duduk sebelah kanan Adam dan Israfil duduk sebelah kirinya .



sumber: http://putrabungsu.pun.bz/proses-kejadian-adam.xhtml

0 komentar: